Jika kamu HIV Negatif dan ingin sekali untuk selalu tetap negatif, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti

653

Jika kamu HIV Negatif dan ingin sekali untuk selalu tetap negatif , berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti :

KONDOM : Kondom merupakan cara yang paling efektif , mudah , gampang sekali untuk melindungi kamu dari tertular HIV atau penyakit menular seksual lainnya saat kamu berhubungan sex. Kami menyarankan untuk mengunakan kondom dengan banyak pelicin yang berbahan dasar air untuk menhindari penularan HIV, khususnya pada kasus dimana saat berhubungan seksual kamu tidak yakin dengan status HIV pasanganmu. Jika kamu tidak menggunakan kondom saat berhubungan sex dan kamu belum mengetahui status HIV kamu , kami menyarankan untuk memeriksakan status HIV kamu.

SELEKSI PASANGANMU : menurut survey Nasional 1 dari 5 orang laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya positif HIV tanpa diketahui. seseorang tidak bisa diketahui melalui fisik atau tampilan luarnya atau dari perilaku seksualnya apakah seseorang positif HIV atau tidak. Ada banyak alasan seseorang untuk tidak berkata jujur tentang status HIV nya kepada orang lain dan kebanyakan atau hampir semua Gay men tidak tahu status HIV nya karena tidak pernah tes HIV sama sekali atau mereka percaya bahwa dirinya HIV negatif. Sekitar 16 % laki laki HIV positif tidak mengetahui bahwa dirinya adalah HIV positif. Jika kamu HIV negatif adalah tidak mudah dan aman mencari pasangan yang juga negatif status HIV nya jika hanya kamu bertemu di Bar atau dating site (GRINDR,HORNETS dan lain lain. berhubungan sex tanpa menggunakan kondom juka akan memudahkan kamu terpapar dengan Penyakit menular seksual lainnya seperti hepatitis, syphilis, chlamydia, gonorrhea dan herpes, yang pada orang dengan penurunan system kekebalan tubuh sangat susah untuk diobati.

BISAKAH SAYA MELAKUKAN BAREBACK (BERHUNUNGAN SEX TANPA KONDOM ) DENGAN ORANG YANG HIV POSITIF ? : Gay men yang HIV positif yang sudah mendapatkan ARV dan meminum obatnya secara teratur mempunyai resiko yang sangat kecil untuk menularkan HIV kepada orang lain. ini disebabkan karena ARV obat tersebut mengurangi jumalh virus dalam darah secara signifikan malah sampai tahap tidak terdeteksi oleh alat . Jadi mungkin saja mereka masih bisa menularkan HIV tapi pada kasus virus tidak terdeteksi resikonya kecil sekali.

HIV POSITIF ? : Jika kamu HIV positif dan sudah mendapatkan obat ARV yang paling baik dan bijaksana dilakukan adalah tetap disiplin minum obat kamu setiap hari, kedengaran seperti merendahkan kamu tapi banyak orang yang dengan ARV lupa minum obatnya atau putus berhenti ditengah jalan tidak minum ARV sma sekali, ini artinya jumlah virus dalam darah kamu akan naik secara drastis snagat tinggi. cara terbaik untuk membuat kamu tidak terdeteksi adalah minum obat secara teratur dan disiplin.

PEP: Jika kamu berhubungan sex tanpa menggunakan kondom dengan seseorang yang kamu duga orang tersebut HIV positif atau kamu tidak yakin dengan status HIV pasanganmu, maka kamu bisa mengakses PEP bila tersedia ditempat kamu. obat ini diminum selama sebulan dan tidak boleh lupa atau bolong, obat ini akan efektif bila diminum sebelum 72 jam setelah berhubungan sex beresiko dan minum obatnya selama sebulan.

PrEP : Pre Exposure Profilaksis, merupakan cara terbaru untuk terhindar dari virus HIV, bila tersedia. PrEP digunakan oleh orang dengan HIV negatif yang secara rutin minum obat PrEP setiap hari . Ini bisa melindungi kamu jika kamu terpapar virus HIV.

TES UNTUK HIV DAN IMS   : Jika kamu terinfeksi Infeksi Menular Seksual (IMS) akan memudahkan kamu tertular HIV. semua laki laki yang aktif secara seksual harus memeriksakan dirinya dari penyakit menular seksual dan HIV minimal satu tahun sekali , Jika kamu banyak berhubungan sex dan sering tidak menggunakan kondom maka kamu disarankan untuk tes HIV lebih sering lahi minimal tiap 3 bulan sekali. Butuh rata rata10 hari untuk penyakit menular seksual memberikan tanda positif pada tes jika terinfeksi dan 4 minggu untuk HIV jika di tes.

You might also like