Tidak mau peduli, HIV bisa diobati 

Sering kali orang tidak mau peduli dan mengabaikan nasihat yang disampaikan dan sering kali penyesalan itu datangnya terlambat. Seperti kasus di bawah ini pasien datang 12 Desember 2014 untuk tes HIV, hasil positif dan dengan CD4 568. Pasien disarankan untuk segera minum ARV agar tetap sehat. Memang pada saat pemeriksaan pasien tampak sehat, fit tidak merasa sakit, tidak ada keluhan sama sekali. Memang tidak sakit dan tidak ada gejala apa apa justru dengan minum obat pasien ini akan tetap sehat dan tidak akan jatuh ke stadium AIDS. HIV sudah ada obatnya dan itu semua Gratis dari Pemerintah.

Rujukan sudah kami berikan untuk memeriksakan diri ke Prodia untuk melakukan pemeriksaan awal sebelum minum obat. Pasien memutuskan tidak akan minum obat dan dengan alasan sibuk kerja tidak melakukan sesuai petunjuk dokter. Pasien kembali datang lagi tanggal 25 Agustus 2015, 8 bulan kemudian dan memutuskan untuk memulai pengobatan ARV, kenapa?

Karena sudah ada gejala yang muncul dan sudah mulai sakit sakit an. Pada saat di periksa CD4 turun drastis menjadi 85. Sudah ada beberapa gejala yang muncul pertama terjadi penurunan berat badan yang drastis, ada batuk batuk lama berdahak dan lebih dari 1 bulan, mulai diare, kulit menghitam dan lain lain.  Karena terjadi penurunan kekebalan tubuh maka tubuh menjadi gampang sakit dan terserang penyakit dari luar. Pada saat ini akan banyak tes yang diperiksa, akan banyak obat yang diminum dan tentu akan banyak biaya yang dikeluarkan.

Jadi teman jangan menunggu sampai jatuh sakit, kenali segera status HIV kamu, obati segera jika HIV positif dan ayo nikmati hidup ini.

You might also like