Kenapa kita perlu tahu Status HIV kita?

Beresiko atau tidak kita harus tetap memeriksakan diri untuk tahu status HIV kita. Walaupun kamu berhubungan sex dengan menggunakan kondom terus tetap harus melakukan pemeriksaan status HIV kamu minimal satu tahun sekali. Apalagi buat kamu yang sering lupa pake kondom saat berhubungan sex dan berganti ganti pasangan minimal tiap 3 bulan sekali update status HIV kamu. Apa keuntungannya tes HIV sering? Kalo kamu tes HIV pasti ada 2 hasil yang keluar, negatif atau positif HIV.

  • Jika hasil positif , kamu bisa mengontrol kesehatan kamu menjaga kesehatan kamu. Memulai pengobatan untuk HIV sedini mungkin menghindari kamu menderita AIDS. Tapi jika kamu tidak pernah tes HIV, tapi sebenarnya ada virus HIV dalam tubuh kamu. Cepat atau lambat kamu akan sakit parah masuk rumah sakit dengan gejala menyerupai AIDS. Tentu pada beberapa kasus sudah terlambat dalam pengobatan . Bukan kah semakin cepat diketahui seseorang HIV positif semakin cepat mendapatkan pengobatan akan lebih baik. Bukan menunggu sampai muncul gejala AIDS nya.
  • Jika hasil tes Kamu negatif, pada saat kamu tes HIV konselor kan menjelaskan ke kamu. Apakah hasil tes yang kamu lakukan adalah negatif atau masih dalam periode jendela? apakah perlu untuk tes ulang kembali ? kamu juga akan diberikan informasi tentang HIV dan cara cara penularannya oleh konselor.

Satu dari Tiga orang HIV positif pada laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya tidak tahu atau sadar kalo dia positif HIV. Dengan melakukan tes HIV bisa memberikan informasi ke kamu untuk tetap selalu sehat.

You might also like