Kamu pikir kamu sudah tahu tentang HIV?

Kamu pikir kamu sudah tahu tentang HIV, berikut beberapa fakta yang mungkin membuat kamu terkejut.

  1. Hampir sekitar 80 % orang yang terinfeksi HIV mengalami gejala penyakit yang ringan dalam waktu singkat. Bagi beberapa orang dapat berupa gejala seperti flu ringan. Hal ini biasanya timbul sekitar 2 minggu samapi 6 minggu setelah seseorang terpapar HIV. Gejala utama yang timbul pada orang yang seroconversion , seseorang yang sebelumnya HIV negatif kemudian berubah menjadi HIV positif dapat berupa, sakit tenggorokan, demam, nyeri badan dan munculnya bercak bercak merah. Gejala lain yang sering ada antara lain luka didaerah mulut, nyeri sendi, kehilanan nafsu makan, turun beran badan, nyeri otot merasa selalu lelah dan capek. Karena gejala seperti yang disebutkan diatas hampir menyerupai gejala penyakit lainnya, maka banyak orang akan tidak menyadarai gejala tersebut merupakan gejala dari seseorang terinfeksi HIV.

    Jika kamu ada salah satu atau lebih dari gejala diatas dan kamu ada riwayat berhubungan seksual tidak menggunakan kondom kurang dari 6 minggu sebaiknya kamu berkunjung ke Puskemas terdekat atau Balimedika untuk memeriksakan status HIV kamu.

  2. Seseorang yang baru saja tertular virus HIV di tubuhnya, biasanya jumlah virus HIV dalam darahnya sangat tinggi yang dikenal dengan viral load. Orang ini akan sangat mudah sekali menularkan virus HIV ke orang lain bila berhubungan sex tanpa menggunakan kondom. Jadi ada baiknya melakukan tes HIV bila kamu merasa beresiko untuk tertular HIV.
  3. Hampir semua laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya terinfeksi HIV melalui hubungan sex tanpa menggunakan kondom. Jika kamu mempunyai perilaku seksual berganti ganti pasangan dengan banyak orang tanpa menggunakan kondom, resiko kamu tertular HIV sangat besar. Jika kamu tidak ingin ditularkan dan menularkan HIV, gunakan kondom tiap kali kamu berhubungan seksual dna periksa secara rutin status HIV kamu.
  4. Jika kamu terinfeksi HIV, adalah sangat baik jika kamu mengetahui sedini mungkin. Survey mengatakan bahwa hampir dari 3/4 kasus kematian karena HIV disebabkan karena kebanyakan orang tidak menyadari kalo dia terinfeksi HIV sampai pada waktunya dia menyadari bahwa penyakit yang diderita karena HIV/AIDS. Dengan melakukan tes HIV berarti kamu membuat keputusan penting untuk kesehatan kamu yang akan menyelamatkan hidupmu.
You might also like