Pentingnya kepatuhan minum obat ARV!

Pentingnya kepatuhan minum obat ARV

Kepatuhan pasien untuk minum obat ARV adalah hal yang sangat penting untuk kamu pertimbangkan sebelum memulai pengobatan. Adherence atau kepatuhan artinya bahwa kamu meminum ARV kamu sesuai dengan petunjuk dokter, termasuk di dalamnya :

  1. minum obat tepat waktu
  2. sesuai dengan saran dokter dengan makanan atau tanpa makanan
  3. hindari interaksi obat

Bagaimana bisa dikatakan cukup ? dengan kepatuhan kamu minum obat sesuai dengan petunjuk dokter maka akan memastikan kombinasi ARV yang kamu minum mempunyai kadar yang cukup dalam darah kamu untuk melindungi kamu dalam waktu 24 jam. jika kadar dalam darahnya menjadi terlalu rendah maka akan meningkatkan resistensi obat . Tujuan utamanya adalah menimum obat ARV kamu setiap hari dan tidak pernah lupa sekalipun. dengan lupa minum obat ARV satu kali atau dua kali seminggu bisa menyebabkan tujuan dari obat menjadi gagal, terutama pada awal pengobatan . Bagaimanapun juga , selang waktu sampai dengan satu jam masih dianggap aman untuk semua kombinasi ARV.

Jika pada pemeriksaan viral load atau jumlah virus dalam darah kamu sudah tidak terdeteksi , mungkin akan lebih fleksibel, tapi tetap kepatuhan minum obat sangatlah penting.

Perioritas Utama kamu, kepatuhan untuk minum obat setiap hari kadang kadang bisa menjadi sesuatu yang sangat susah dilakukan. Kamu mungkin butuh dukungan dari orang lain untuk membiasakan hal ini. Rutinitas dan jadwal rutin setiap hari akan sangat membantu.

Mulailah minum obat dengan memilih waktu yang tidak terlalu padat atau dalam stress pekerjaan untuk memulai sesuatu hal yang baru.

Beberapa minggu pertama, meminum obat secara teratur menjadi perioritas utama kamu.

Pilihlah terapi yang sesuai dengan keadaan kamu. Cari informasi sebanyak banyaknya tentang pengobatan ARV seperti ; berapa obat yang kamu minum? seberapa besar pill nya ? Berapa kali sehari kamu harus minum obat itu ? Apakah diminum dengan makanan atau perut kososng ? Apakah ada pilihan lain yang lebih mudah ?

Buatlah jadwal minum obat kamu, untuk beberapa minggu pertama tandailah kalender kamu apabila kamu sudah minum obat ARV kamu.

Nyalakan alarm pada handphone kamu, segera minum obat setelah alarm mu berdering.

Mungkin setting alarm kamu pada saat setelah jadwal minum obat sebenarnya. Jadi alarm disini berfungsi sebagaipengingat dan kamu tidak tergantung selalu dengan alarm.

Belilah kotak obat mingguan. kamu akan bisa melihat apabila kamu lupa minum obat atau tidak. Hubungakan jadwal minum obat kamu dengan kebiasaan yang kamu lakukan sehari hari seperti minum ARV kamu setelah menggosok gigi kamu sebelum tidur.

Jika kamu berpergian , bawalah selalu persediaan obat lebih dalam tas kamu. simpan dan bawalah jumlah tertentu sebagai cadangan jika diperlukan sewaktu waktu seperti di tempat kerja atau rumah teman kamu.

Minta bantuan teman kamu untuk mengingatkan kamu minum obat pada saat saat tertentu seperti pad saat kamu keluar malam. Mungkin bisa bertanya keteman yang lain yang sudah minum obat atau tanya informasi ke klinik tentang support group yang mungkin bisa membantu.

Hampir semua orang pasti akan pernah lupa atau terlambat saat minum obat tepat waktu. ada perbedaan antara lupa sewaktu waktu dengan lupa hampir setiap kali baik dalam jumlah perharian atau mingguan. Nilailah dengan ketat diri kamu sendiri seberapa tingkat kepatuhan kamu . Tidak minum obat sehari saja akan memberikan resiko terhadap diri kamu.

Jangan double dosis obat kamu. Kebanyakan obat ARV sekarang adalah satu kali sehari. Ini artinya obat ARV kamu minum setiap 24 jam. Jika dua kali sehari artinya diminum setiap 12 jam.Jika kamu menyadari bahwa kamu lupa minum obat segera sesegera mungkin bila kamu ingat. Apabila kamu menyadari berdekatan degan jadwal minum obat selanjutnya, jangan minum dua dois.

Ada banyak cara dan tips untuk meningkatkan kepatuhan minum obat kamu, bagaimanapun gaya hidup kamu.

Segera hubungi dokter atau klinik kamu apabila kamu mengalami efek samping walaupun sekecil apapun. Dokter akan memberikan obat tambahan untuk mengurangi efek samping atau merubah terapi pengobatan kamu.

Jika kepatuhan obat kamu tidak bagus, mungkin kamu butuh bantuan. Akan selalu tersedia support yang siap membantu kamu. Yang kamu lakukan adah mintalah ke klinik kamu.

You might also like