Bisakah gejala HIV muncul segera setelah berhubungan sex?

3,579

TIDAK!

Tidak akan ada gejala yang muncul segera setelah kamu terpapar virus HIV. Jadi kalo kamu berhubungan sex kemarin tanpa menggunakan kondom dan hari ini kamu merasa tidak enak badan, bisa diyakinkan bahwa ini bukan karena kamu terinfeksi HIV kemarin. Jika kondisi badan kamu tidak baik saat itu, segera konsultasikan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya, bisa dipastikan bukan karena HIV.

Jika kamu mengambil resiko kemarin karena berhubungan sex tidak menggunakan kondom, dan kamu menunggu gejala yang muncul keesokan harinya atau seminggu ke depan adalah hal yang tidak mungkin akan terjadi. Banyak orang tidak akan memberikan gejala apapun setelah terpapar virus HIV atau tidak menyadari gejala yang muncul.

Melakukan tes HIV melalui darah adalah salah satu cara untuk mengetahui status HIV kamu.

Jika ada gejala setelah kamu terpapar virus HIV biasanya, biasanya beberapa minggu setelah terpapar virus HIV bukan pada minggu pertama. Ini dikenal dengan acute retroviral syndrome (ARS) atau primary HIV infection. Pada saat ini dan selama dua minggu, gejala yang akan ada antara lain sakit tenggorokan, rasa nyeri pada otot dan sendi, merah merah di kulit, kedinginan, berkeringat saat malam hari, sakit kepala, kondisi badan secara umum tidak baik, sariawan, berat badan menurun, rasa capek dan pembesaran kelenjar getah bening. Dan perlu diingat bahwa ada banyak penyakit yang memberikan gejala yang sama seperti tadi seperti,  influenza dan mononucleosis. Tapi kebanyakan tidak ada gejala sama sekali bahkan sampai beberapa tahun.

You might also like