Peneliti menemukan Poppers bisa menyebabkan kerusakan mata permanen

795

Penelitian yang baru saja dilakukan menyimpulkan bahwa menggunakan poppers bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Penelitian ini dilakukan di  Cheltenham General Hospital di UK, menemukan adanya hubungan antara penggunaan poppers dan gangguan serius pada penglihatan. Kandungan utama dari poppers berupa isobutylene nitrit yang digantikan dengan isopropil nitrit pada tahun 2006 karena diketahui sebagai penyebab kanker. Karena pengantian senyawa baru inilah yang dipercayai sebagai penyebab kerusakan fovea, bagian dari retina yang berperan penting pada fungsi penglihatan.

Dari 12 orang yang diteliti dengan rentang umur 31 tahun sampai dengan 59 tahun dilaporkan mengalami gangguan penglihatan seperti kabur atau munculnya titik hitam atau blind spot pada penglihatan setelah menggunakan poppers yang dikenal sebagai Party Drugs atau obat perangsang tambahan saat berhubungan sex. Peneliti menemukan kerusakan yang luar biasa pada sel mata akibat menggunakan poppers.

Setelah penelitian ini kebanyakan kasus tersebut mengalami perbaikan setelah mereka berhenti menggunakannya. Pada saat menggunakan poppers, pada saat poppers dihirup terjadi pelebaran pembuluh darah yang menyeluruh diseluruh tubuh, sensasi inilah yang dirasakan saat itu yang disukai oleh penggunanya. Meskipun kerusakan dapat diperbaiki, gejala yang diakibatkan dapat berlangsung lama dan kerusakan penglihatan karena penggunaan poppers merek terbaru tidak diketahui.

Jadi berhati hati lah jika ada gangguan penglihatan setelah kamu menggunakan poppers segera hubungi dokter mata terdekat.

You might also like