Listerine bisa mencegah terjadinya penularan gonorrhea di daerah mulut

247

Hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium menunjukan bahwa cairan pencuci mulut (mouthwash) bisa melawan melawan bakteri gonorrhea yang sering menjadi penyebab penyakit menular seksual.

Dengan berkumur beberapa menit dengan mengguanakan Listerine akan menghambat pertumbuhan bakteri gonorrhea di mulut, menurut laporan Medscape. Penemuan ini digunakan sebagai dasar untuk melihat apakah mouthwash bisa mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual.

Setelah melakukan penelitian di laboratorium, maka dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah Listerine Cool Mint dan Listerine Total Care bisa melawan gonorrhea. Penelitian dilakukan pada 58 orang laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya (LSL/ MSM) yang pada hasil pemeriksaan ditemukan positif gonorrhea didaerah mulut dan tenggorokannya dan melakukan pemeriksaan dan pengobatan di clinic di Melbourne antara bulan Mei 2015 dan Februari 2016. Hasil penelitian ini sudah dipublish pada the Journal of Sexually
Transmitted Infections.

Peneliti melakukan intervensi dimana 33 pria berkumur dengan menggunakan Listerine selama satu menit dan sisanya dengan waktu yang sama berkumur dengan air biasa. Kemudian dilakukan tes ulang kepada semua peserta yang berkumur dengan mouthwash, dibandingkan dengan air biasa, hasilnya adalah 80 percent berkurang hasil tes positif bakteri gonorrhea didaerah tenggorokan dan 86 persen berkurang hasil tes positifnya di tonsil. Penelitian ini tidak menyimpulkan bahwa Listerine bisa menyembuhkan infeksi gonorrhea, pengobatan dengan antibiotic selalu menjadi pilihan yang utama.

You might also like