Tips agar tidak hangovers karena minuman beralkohol

277

Punya rencana untuk party nanti malam?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap merasa baik baik saja walaupun kamu minum minuman beralkohol sehari sebelumnya. Berikut ada tips yang bisa kamu lakukan.

Makan terlebih dahulu

Dengan ada makanan di perut kamu akan mencegah kadar alkohol didalam darah kamu naik secara tiba tiba. Ini bisa sudah mencegah terjadinya blackouts atau tidak sadarkan diri.

Berhati hatilah dengan minuman yang kamu pilih

Minuman yang kamu pilih menentukan bagaimana kondisi kamu keesokan harinya . Berikut ada penjelasan tentang beberapa minuman beralkohol dan apa efeknya ke tubuh kamu :

  • Beer kadar alkoholnya adalah rendah antara 4 sampai dengan 6 persen tetapi carbonation atau sodanya meningkatkan penyerapan alkoholnya ke dalam darah.
  • Wine mempunyai kadar alkohol yang lebih tinggi dari pada beer yaitu sekitar 7 sampai dengan 15 persen. Pilihlah anggur putih dibandingkan anggur merah untuk mengurangi efek hangovers keesokan harinya. Pilih wine yang harganya lebih mahal, biasanya yang terjadi adalah semakin murah harga wine maka efek hangovers nya akan lebih parah.
  • Liquor mempunyai kadar alkohol yang paling tinggi yaitu berkisar antara 40 sampai dengan 95 persen yang akan meningkatkan efek hangovers keesokan harinya. Pilihlah liquors yang bening seperti Vodka atau gin yang memberikan efek hangover lebih ringan.  Secara umum juga semakin murah harga Liquor maka efek hangoversnya akan lebih parah.

Pelan pelan
Usahakan untuk selalu minum satu tipe minuman yang sama  misalnya selalu minum beer, wine saja atau minum gin dan tonic saja. Jika kamu ingin mencampur minuman kamu, mintalah ke bartender untuk membuat takaran yang pas pada saat mencampur minuman kamu sehingga kamu bisa mengontrol berapa banyak alkohol yang sudah kamu minum. Minum lah pelan pelan.

Sebelum kamu akan minum, tentukan terlebih dahulu batasan kamu
sebelum kamu memulai minuman pertama kamu, tanyakan ke diri kamu terlebih dahulu “apakah hari ini hari baik untuk minum minuman beralkohol?”.  Jika kamu sedang minum obat tertentu yang mungkin berinteraksi dengan alkohol, atau kondisi medis tertentu yang akan bertambah berat apabila kamu minum minuman beralkohol atau bila membawa kendaraan bermotor sendiri  ada baiknya kamu menghindari alkohol daripada mendapatkan kondisi yang fatal.

Jika hari ini adalah hari baik untuk minum dan perlu untuk dirayakan, pertanyaan selanjutnya adalah “seberapa banyak saya ingin minum hari ini?“ tentukan batasan jumlah alkohol yang akan kamu minum hari ini, ini akan sangat membantu dan patuh dengan aturan yang kamu buat.

Minum Air putih
Minumlah satu gelas air putih diantara minuman beralkohol yang kamu minum. Ini akan mencegah kamu agar tidak dehidrasi dan membantu mencairkan sisa sia produk alkohol yang masih ada di perut kamu.

Pikirlah kondisi hati kamu dan kesehatan sistem kekebalan tubuh kamu
Pada orang yang minum minuman alkohol berat akan merusak fungsi hati kamu dan melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu (fungsi tubuh melawan infeksi akan berkurang). Pada orang dengan HIV positif dan dalam pengobatan ARV, dan merupakan peminum alkohol berat dan minum alkohol terus menerus hampir setiap hari akan menyebabkan tubuh kamu tidak bisa memetabolisme obat ARV secara baik dan akan memberikan efek samping obat yang kurang baik. Jika kamu di diagnosa dengan hepatitis dan kadar triglycerida yang tinggi didalam darah, kami menyarankan untuk mengurangi minuman beralkohol dan lebih banyak minum air putih.

You might also like