10 Hal yang harus kamu tanyakan sebelum memulai Pengobatan HIV

Seseorang yang didiagnosa HIV selalu disertai dengan banyak pertanyaan yang muncul didiri kamu dan banyak hal yang harus dilakukan. Yang paling penting adalah kapan kamu memulai pengobatan untuk HIV?

Berikut, dengan urutan yang acak, 10 pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke diri kamu sebelum memulai pengobatan.

  1. Kenapa kamu memutuskan mulai pengobatan?
    Hal ini harus dibedakan dengan pertanyaan “kenapa dokter menyarankan sara untuk segera mendapatkan pengobatan HIV”? Penting untuk bertanya ke diri kamu sendiri apa yang kamu inginkan dari pengobatan ini dan apakah kamu yakin bahwa ARV bisa membuat kamu sehat. Dengan menjawab pertanyaan ini, kamu akan merasa positif bahwa ARV akan membuat kamu sehat. Pertanyaan ini akan menghindari kamu untuk tidak menjaga kesehatan kamu. Ini akan menjadi motivasi kamu untuk tetap disiplin minum obat HIV kamu.
  2. Apakah saya siap?
    Banyak data data yang mendukung apakah pengobatan yang sedini mungkin lebih baik dibandingkan dengan pengobatan yang ditunda. Tapi bukan berarti intu menentukan kamu harus segera minum obat sesegera mungkin. Yang menjadi variabel penentu keberhasilan pengobatan adalah kamu sendiri, karena kamu sendiri yang akan minum obat sesuai petunjuk dokter, setiap hari dan selamanya.
  3. Apa kombinasi obat yang baik buat kamu?
    Kombinasi obat HIV terbaik didunia itu tidak akan berhasil dengan baik jika kamu tidak minum obat dengan teratur setiap hari. Sudah sangat susah untuk memulai pengobatan pada awalnya, apalagi menjalanin kebiasaan seperti ini secara rutin tiap hari.
  4. Apakah kamu sudah menerima kalo kamu HIV positif?
    Menyangkal dan merasa malu adalah 2 hal yang tidak baik buat kesehatan mu, kedua hal ini bisa menjadi batu sandungan untuk kamu agar tetap disiplin dalam pengobatan. Beberapa orang memulai pengobatan HIV karena harus minum obat atau disarankan oleh dokter mereka untuk memulai pengobatan bukan karena kesadaran mereka gara tetap menjadi sehat. Hal ini akan seperti seseorang meminta kamu melakukan ssuatu dengan baik baik dan kamu sudah tidak sabaran untuk segera menyelesaikannya dan akan berbeda artinya seandainya kamu menyadari betapa pentingnya jika kamu melakukannya dengan benar.Perlu diketahui dan diingat, dengan mendapatkan pengobatan ARV setiap hari, merupakan suatu pernyataan secara tidak langsung bagi kamu kalo kamu adalah HIV positif. Bayangkan jika suatu saat kamu tidak menyangkalnya, maka pengobatan yang kamu lakukan akan gagal sama sekali.
  5. Siapa sebaiknya say informasikan tentang pengobatan saya?
    Jangan pernah meremehkan kekuatan dukungan atau support: Teman kamu yang selalu mengingatkan kamu “sudahkah kamu minum obat kamu hari ini” akan membantu kamu selalu berada dalam jalan yang benar. Okey kedengarannya kuno sekali, tetapi pasti akan senang sekali kalo ada yang selalu ngingetin terutama pada saat kamu sedang galau.Juga akan sangat baik sekali bila ada teman yang bisa diajak berdiskusi dan mendengar keluhan bila ada efekobat yang tidak kamu inginkan. Dan kamu mempunyai tambahan mata dan telinga saat kamu berdiskusi dengan dokter kamu.
  6. Kenapa pake obat ini?
    Ketika kamu akan memilih obat yang kamu gunakan, kamu punya pilihan: membiarkan dokter kamu untuk memilih obatnya buat kamu atau kamu terlibat dalam proses pemilihan. Karena kamu merupakan orang yang akan menggunakan obat itu setiap hari maka pilihan kedua lah yang lebih tepat.
    Cari informasi tentang kombinasi obat ARV yang tersedia di indonesia, kamu bisa menyanakan tentang informasi ini ke dokter kamu “kenapa menggunakan kombinasi ini bukan yang lain?” atau “mana kira kira yang menjadi pilihan yang terbaik buat saya dan kenapa?”. Jika kamu sedang dalam kondisi tertentu seperti hamil, ada infeksi hepatitis atau TBC atau jam kerja kamu. Utarakan hal tersebut saat konsultasi dengn dokter kamu.
  7. Efek samping apa yang mungkin akan saya alami?
    Hampir kebanyakan kasus yang didapati adlah orang tidak pernah melakukan tes HIV, sampai pada akhirnya baru melakukan tes setelah ada beberapa gejala atau tanda atau sudah menjadi sakit (mungkin karena inilah mereka melakukan tes). Pada kasus ini orang tersebut akan lebih mudah memulai pengobatan karena mereka tahu mereka akan membaik dan virus HIV akan terkontrol.
  8. Gejala apa yang akan timbul dengan menggunakan obat sekarang?
    Jangan khawatir dokter kamu pasti akan menginformasikan semua gejala yang mungkin timbul jika kamu menggunakan kombinasi obat yang kamu gunakan. Gejala yang disampaikan itu belum tentu akan kamu alami saat kamu minum obat. Minimal kamu sudah tahu apa yang kamu alami dan tidak akan takut lagi bila gejala itu muncul.
  9. Bagaimana jika obat ini tidak bekerja?
    Walaupun pengobatan HIV sudah baik sekarang ini, kemungkinan gagal masih ada. Kegagalan ini bisa terjadi karena beberapa alasan, mungkin karena kamu tidak rutin minum obat, sering lupa tidak minum obat atau tes viral load kamu tidak turun sesuai dengan yang diharapkan atau mungkin kamu tidak kuat dengan efek samping obat yang ada dan memutuskan untuk menghentikan pengobatan kamu.
  10. Bisakah obatnya saya stop?
    Pertanyaan ini sering tidak menjadi perhatian, juga jarang dokter membicarakan hal ini  pengobatan HIV adlah seumur hidup dan penelitian menunjukan setelah orang berhenti minum HIV maka kesehatannya akan menjadi turun secara drastis.
You might also like