Pneumonia

Infeksi oportunistik

Pneumocystis Pneumonia (PCP)

Pneumocystis pneumonia atau PCP, merupakan penyakit paru yang bisa mengancam nyawa yang disebabkan oleh bakteri Pneumocystis jiroveci (sampai dengan beberapa tahun yang lalu, bakteri Pneumocystis carinii masih dipercaya sebagai penyebab dari PCP pada manusia). Bakteri ini bisa menyebabkan penyakit pada organ tubuh lainnya, seperti pada kulita (extrapulmonary Pneumocystis infection). Pneumocystis jiroveci (yee-row-vet-zee) adalah banyak jumlahnya disekitar kita. Pada orang yang sehat ada antibodies yang melawan bakteri ini setiap kali dia masuk ke dalam tubuh kamu. Namun sayangnya pada orang yang sistem kekebalan tubuh yang rendah – pada orang yang menderita AIDS dan pada orang yang mendapatkan chemotherapy untuk kanker—antibody yang memebrikan respon terhadap Pneumocystis jiroveci luntur, sehingga menjadi mudah terinfeksi PCP.

Pada awal dari epidemi AIDS, PCP terjadi pada hampir dari 80% orang yang HIV positif. Dan sangat bersifat fatal. Sekarang dengan menggunakan obat pencegahan untuk PCP angka prevalensi kasus penyakit ini menjadi turun secara drastis, obat ini sekarang direkomendasikan pada orang dengan HIV positif dengan jumlah CD4 kurang dari 200.

 

PCP bisa dicegah.

Apa saja gejalanya dan bagaimana mendiagnosanya ?

Panas badan merupakan gejala penting dari PCP, disertai dengan batuk kering yang tidak ada sputum sam sekali. Gejala penting lainnya adlah rasa sesak dan penuh di dada dan sulit untuk bernafas. Rasa lemah dan keringat malam, sesaat sebelum gejala sulit bernafas timbul. Gejala ini juga sama dengan gejala yang ditimbulkan oleh infeksi lainnya, maka penting untuk mendiagnosa PCP secara perlahan lahan.

Tidak ada tes darah yang bisa digunakan untuk mendiagnosa PCP yang ada di tubuh seseorang . Yang dilakukan adalah dengan pemeriksaan sputum atau dahak dan diperiksa di laboratorium dibawah mikroskop. Ronsen bisa digunakan untuk melihat berapa banyak cairan yang sudah terbentuk di paru, tetapi tidak bisa membedakan antara PCP atau infeksi paru lainnya seperti tuberculosis.

Bagaimana PCP diobati?

Pengobatan PCP adalah dengan antibiotika, dokter akan mendiagnosa  dengan tepat dan memberikan obat yang sesuai.

You might also like