fbpx
HIDUP DENGAN HIV

Orang dengan HIV. Hidup Biasa Dan Panjang!

Harapan hidup orang dengan HIV dengan pengobatan ART sama dengan orang yang HIV negatif 

Orang muda dengan HIV positif dan dengan ARV mempunyai hidup harapan hidup yang normal sama dengan orang yang HIV negatif, penelitian terbaru. Harapan hidup usia 20-an HIV positif yang memulai ARV antara tahun 2008 dan 2011 adalah sampai dengan usia 78 tahun. Sedangkan harapan hidup di US pada orang yang sehat atau populasi general adalah 78,9 di US dan 80.1 di UK 

Dari table diatas menunjukan antara tahun 1996 dan 2010, harapan hidup pasien berusia 20 tahun yang memulai ARV adalah sekitar 9 tahun pada wanita dan 10 tahun pada pria. Tapi setelah tahun 2010 harapan hidup pasien dengan ARV meningkat secara drastis  seiring dengan kemajuan pengobatan.

Merupakan kemajuan yang sangat pesat dalam dunia kedokteran, HIV yang sebelumnya merupakan suatu penyakit infeksi dengan prognosis penyakit yang sangat buruk, sekarang menjadi penyakit yang bisa ditangani dengan baik dan pasien dengan HIV sekarang bisa hidup lebih lama dan sehat. Dengan adanya penelitian ini bisa menghilangkan stigma dan diskriminasi tentang penyakit HIV di masyarakat dan bagi pasien HIV itu sendiri. Ini membuktikan bahwa pasien dengan HIV bisa hidup lebih lama dan sehat tanpa mendapatkan masalah dalam mencari lapangan pekerjaan dan bekerja atau tidak mendapat kesulitan untuk mendapatkan asuransi kesehatan  Yang harus dilakukan selanjutkan adalah meningkatkan angka cakupan untuk tes HIV bagi kelompok kelompok yang beresiko . 

Pengobatan ARV sedini mungkin dan sesegera mungkin setelah didiagnosa positif adalah merupakan kata kunci untuk mendapatkan harapan hidup yang tinggi. ARV adalah kombinasi 3 atau lebih obat yang digunakan untuk menekan jumlah virus HIV didalam darah pasien sampai dengan jumlah tidak terdeteksi.

Obat ARV terbaru  mempunyai efek samping  yang sangat minimal dan mempunyai daya kerja yang lebih baik dalam artian lebih cepat menekan jumlah virus dalam darah dan virus HIV sedikit yang memberikan respon resisten terhadap obat terbaru.

Dengan meningkatkan program screening dan pencegahan, di gabung dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan tes HIV dan segera mendapatkan pengobatan jika positif HIV. Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa  didalam tubuhnya sudah ada virus HIV, 1 diantara 4 orang laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya di Indonesia tidak menyadari kalo didalam tubuhnya ada virus HIV. Sangatlah penting untuk melakukan tes HIV jika kamu melakukan aktivitas yang beresiko untuk tertular HIV dan segera mendapat pengobatan ARV jika positif.

Back to top button
Close