HIDUP DENGAN HIV

Patuh minum ARV

Pengingat setiap hari 

“Kepatuhan minum obat ARV” artinya minum obat HIV sesuai dengan kapan dan bagaimana seharusnya kamu minum obat kamu. Hal ini bisa menjadi suatu hal yang susah dilakukan oleh orang positif  HIV/AIDS.

Bagi beberapa orang, dengan minum obat setiap hari selalu mengingatkan mereka tentang segala sesuatu baik secara sosial dan emosional yang berhubungan dengan  HIV/AIDS, jadi mereka akan coba untuk berhenti atau menghindarinya. Bagi kamu yang baru minum obat ARV atau sedang minum ARV, tidak akan sama seperti pernyataan diatas karena ada beberapa tips atau cara yang bisa membantu kamu untuk meminum ARV. 

Kepatuhan untuk minum obat sangatlah penting. Penelitian menunjukan bahwa keberhasilan pengobatan kamu bisa dikatakan sukses apabila kamu tidak lupa minum ARV lebih dari satu pill dalam sebulan. 

TIPS YANG MEMBANTU 

Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga kepatuhan minum ARV (kepatuhan lebih dari 95%): 

  1. Cari tahu hal hal yang mungkin saja menjadi penyebab seseorang tidak minum obat ARV nya, saatnya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Beberapa hal itu antara lain: 
    • Masalah depresi / kesehatan mental lainnya
    • Penyalahgunaan obat Obatan, narkotika atau alkohol
    • Petunjuk penggunaan obat yang susah 
    • Efek samping obat 
    • Diet makanan tertentu 
    • Tidak mengerti petunjuk minum obat 
    • Tidak punya rumah atau tempat tinggal
    • Stigma
    • Sedang atau akan bepergian 
    • Selebihnya apakah regimen obat yang diminum sesuai tidak dengan lifestyle dan aktifitas kesehariannya.
  2. Silahkan berdiskusi dengan dokter kamu bila menghadapi masalah masalah diatas. Dokter kamu mungkin bisa menyesuaikan jadwal minum obat kamu sesuai dengan lifestyle kamu, atau memilih regimen atau dosis yang sesuai atau merujuk kamu ke fasilitas atau layanan kesehatan lainnya. 
  3. Gunakan segala fasilitas dan alat yang tersedia (e-mail atau SMS atau alarm dll) sebagai pengingat jadwal minum obat kamu. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu.
    • Jika menurut kamu jadwal minum obat yang diberikan susah diikuti, silahkan berdiskusi dengan dokter tentang masalah kamu. 
    • Masukan obat kamu ke dalam kotak obat mingguan sebagai pengingat. Ini akan Membantu kamu apakah kamu sudah minum obat atau belum, akan sangat efisien waktu karena obat sudah tersedia tidak perlu membuka banyak botol setiap hari. Dan memudahkan kamu apabila mengadakan travelling atau jalan jalan. 
    • Gunakan timer atau alarm pada hand phone kamu atau jam tangan kamu sebagai pengingat untuk minum obat. 
    • Belajarlah untuk selalu membuat rutinitas. Minumlah obat kamu pada waktu yang sama setiap hari, ini akan menimbulkan kebiasaan seperti aktifitas rutin yang kamu lakukan setiap hari seperti gosok gigi sebelum tidur atau membaca koran di pagi hari. Ini akan menyesuaikan jadwal minum obat dengan aktifitas sehari hari yang kamu lakukan tiap hari. 
  4. Plan ahead! Jika kamu ada rencana untuk menginap di rumah teman  atau mau keluar bersama teman, bawalah obat ARV bersama kamu.
  5. Berdiskusi dengan dokter kamu apabila ada efek samping yang timbul . Minum ARV akan lebih mudah bila tidak ada efek samping sama sekali. 
  6. Bekerja sama dengan layanan kesehatan atau dokter kamu kapan kamu akan mengambil obat selanjutnya, apabila akan bepergian ke luar kota mungkin bisa mengambil lebih awal. 
  7. Jika kamu penyalahguna obat obatan narkotika atau alkohol akan sangat susah membuat kamu patuh dengan jadwal obat yang kamu buat, jika kamu masih menggunakan obat Obatan terlarang, buatlah rencana sebagai berikut: 
    • Selalu menyediakan air minum dalam kemasan dan makanan kecil selalu dekat dengan kamu. 
    • Selalu membawa ARV dengan kamu apabila kamu keluar dan bawa selalu bersama kamu. Jangan taruh di tas, mobil, jaket dan lainnya.
    • Mintalah teman kamu yang tahu status kamu dan kamu percayai untuk mengirim SMS pengingat ke kamu untuk minum obat.
    • Jika kamu menggunakan obat obatan terlarang bersamaan dengan obat HIV, adalah sangat penting untuk kamu TERBUKA DAN JUJUR dengan dokter kamu. Beberapa obat rekreasional mungkin meningkatkan efek samping dan berinteraksi dengan obat HIV yang kamu minum. Semakin banyak informasi yang dokter kamu ketahui semakin mudah mereka dalam membantu kamu.

BUKAN HANYA SEKEDAR PIL
Kepatuhan minum obat HIV/ARV bukan hanya saja patuh terhadap minum obat sesuai jadwal. Dokter kamu juga akan membuat jadwal untuk kamu, tentang kapan jadwal konsultasi dengan dokter berikutnya, tes laboratorium dan jadwal lainnya. Hal ini juga penting untuk dilakukan.

Orang bisa tidak patuh dengan jadwal yang diberikan sama halnya dengan tidak patuh untuk minum obat. Travelling, pekerjaan, sekolah, keluarga, teman, penyalahgunaan obat obatan, gangguan kesehatan jiwa atau masalah hidup lainnya dan stres juga akan memberikan efek ke kamu apakah kamu bisa berkunjung ke layanan atau tidak pada hari yang ditentukan.

Dokter dan petugas kesehatan lainnya akan mengerti keadaan kamu dan segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan rencana. Pasti ada yang tidak bisa menempati janji. Tetapi apabila kamu tidak patuh untuk minum obat dan pengobatan dapat merusak kesehatan kamu, jadi sangat penting untuk kamu mengambil inisiatif aktif untuk mematuhi jadwal pengobatan dan minum ARV kamu.

Photo/Video Credit – UNDETECTABLE

Show More

Related Articles

Back to top button