INFORMASI HIV

Lima Cara Untuk Menghentikan Penularan HIV

  1. Ketahui status HIV kamu,  1 diantara 4 orang Gay men tidak mengetahui kalo dia terinfeksi HIV. Jika kamu tidak mengetahui status HIV kamu sampai dengan kamu sakit parah , maka akan memperparah kondisi kesehatanmu dibandingkan apabila ditemukan lebih awal. Jika kamu tidak tahu kalo kamu sudah terinfeksi HIV dan melakukan hubungan sex tanpa menggunakan kondom , berarti kamu sudah menularkan HIV ke orang lain tanpa kamu sadari. Atau jika kamu yakin tidak terinfeksi HIV, kamu akan lebih termotivasi untuk menjaga diri sendiri agar tidak tertular HIV. Satu satunya cara untuk mengetahui status HIv kamu adalah dengan melakukan pemeriksaan HIV melalui test darah, secara teratur. Test terbaru hanya membutuhkan waktu 30 menit sampai dengan  1 jam untuk mendapatkan hasilnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa kontak www.balimedika.com
  2. Jangan pernah berassumsi tentang status HIV orang lain. Beberapa orang berpikir bahwa bisa mengetahui status HIV seseorang hanya dari melihat penampilan fisiknya saja, dari usianya, dimana mereka biasa bekerja atau bertemu, atau seseorang tampak “sehat” atau “ sakit”. Yang sebenarnya adalah kamu tidak bisa melihat seseorang  terinfeksi HIV atau tidak dari penampilan fisik luarnya saja. Mengambil resiko untuk berhubungan sex tanpa menggunakan kondom hanya berdasarkan penampilan fisik , status , pekerjaan atau jabatan seseorang adalah ide yang buruk, kamu bisa tertular HIV sewaktu waktu.
  3. Saya akan selalu menggunakan kondom setiap saya berhubungan sex. Pasangan sex mu sepertinya tidak mau menggunakan kondom saat berhubungan sexual, tetapi kamu memutuskan untuk tetap menggunakan kondom untuk melindungi dirimu sendiri. Yang sering terjadi adalah saat berhubungan sexual salah satu nya akan memberikan ide untuk tidak menggunakan kondom saat berhubungan sex dan yang lainnya membiarkannya. Saat untuk tidak malu untuk bilang “no condom no sex” untuk kesehatanmu. Jika kamu mau menyetop penularan HIV condom adalah cara yang terbaik.
  4. Saya yang menjaga diri saya dan kesehatan saya sendiri bukan orang lain. Merasa percaya diri dengan diri mu sendiri dan selalu untuk tetap sehat dengan selalu melakuakn safe sex. Jika kamu merasa depresi tidak percaya diri maka kamu akan selalu mengambil resiko antara lain untuk berhubungan sex tanpa mengguanakan kondom dibandingkan bila kamu merasa percaya diri. Jika kamu merasa down , kamu bisa menghubungi sahabat karibmu untuk curhat, pergi ke gym untuk menyalurkan energimu atau bergabung dengan group social yang positive.
  5. Mencari informasi tentang HIV yang benar dan bagaimana penularannya. Kebanyakan dari kita merasa tahu banyak tyentang HIV dan bagaimana penularannya. Tetapi masih banyak informasi yang salah atau mitos mitos yang tidak benar di masyarakat. Kamu bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

 

Artikel yang berhubungan

Back to top button
Close