INFORMASI HIV

Sudah terbukti tidak terdeteksi berarti tidak menulari

Sudah terbukti tidak terdeteksi berarti tidak menulari

Orang dengan HIV positif harus mengetahui tentang hal ini, hal ini penting untuk mengakhiri epidemi HIV dan menghilangkan stigma dari HIV itu.

Sejak didiagnosa dengan HIV positif tahun 2003, seperti hal nya dengan orang yang hidup dengan HIV lainnya, saya selalu di bayang bayangi oleh rasa takut, malu dan takut karena membawa virus yang paling mematikan di dunia. Itu asumsi orang pada saat itu. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana hidup dengan orang lain yang akan merasa nyaman dengan saya. Saya sendiri merasa tidak nyaman dengan diri saya sendiri.

Pertanyaan yang sering ada di kepala saya adalah apakah saya akan membahayakan pasangan saya?

Tentu pada saat itu, orang orang pasti akan menjawab tentu saja, dan saya tahu jawaban sekarang adalah TIDAK. Saya tahu bahwa sangat penting bagi kesehatan saya pada tahu 2010, dimana hasil viral load saya adalah tidak terdeteksi. Saya ingat betul ketika pada tahun 2012 pada saat berhubungan sex dan kondom saya robek, pada saat itu dokter memberi tahukah saya bahwa saya tidak perlu khawatir menularkan HIV ke pasangan saya karena virus saya sudah tidak terdeteksi ini berarti saya tidak menularkan ke orang lain. Jadi berhubungan sex dengan kondom robek adalah aman ? Tetap saja saya menunggu hasil post Exposure Profilaksis untuk HIV selama 3 bulan terhadap orang yang kamu sayangi, yang pada akhirnya hasilnya negatif.

“Aman” adalah seseorang dengan UNDETECTABLE viral load sama dengan UNINFECTIOUS (U=U). Hal ini penting untuk mengurangi stigma dan diskriminasi pada orang dengan HIV. Penting untuk kesehatan mental dan memberikan rasa percaya diri pada orang dengan HIV positif.

HIV stigma menjadi masalah utama bagi kesehatan masyarakat dan tantangan yang paling berat untuk mengakhiri HIV. Perilaku yang menstigma dan memberikan asumsi negatif pada orang dengan HIV positif adalah merupakan kondisi yang tidak mendukung untuk mengurangi angka prevalensi HIV padahal banyak penelitian penelitian terbaru yang mendukung hal ini. Seperti halnya bahwa seseorang dengan viral load yang tidak terdeteksi adalah tidak menularkan HIV ke orang lain.

Artikel yang berhubungan

Back to top button