fbpx
KESEHATAN SEKSUAL

Keluar terlalu cepat. Ejakulasi dini.

Bagaimana caranya supaya tidak “keluar” terlalu cepat ? 

Masing masing individu mempunyai definisi yang berbeda apabila menyangkut waktu yang diperlukan untuk berhubungan sex . Beberapa orang suka waktu yang singkat dan bagi beberapa orang lagi suka sex yang lama . Lamanya waktu yang diperlukan sangat bervariasi dari satu orang ke orang lain, tipe sex yang kamu lakukan , dengan siapa kamu berhubungan sex dan kapan terakhir kali kamu berhubungan sex. Tapi bagaimanapun juga jika kamu khawatir kalo kamu “keluar” cepat atau dikenal dengan ejakulasi dini  atau  premature ejaculation , maka hal ini akan menimbulkan stres and kecemasan. Jika kamu “keluar” terlalu cepat maka bisa dibantu dengan beberapa cara dan butuh waktu dan kesabaran untuk memperbaiki. Berikut ada beberapa tip yang mungkin bisa membantu, jika tidak silahkan berkonsultasi dengan dokter  untuk pengobatan lebih lanjut .

Kenali badan kamu

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengenali tubuh kamu. Jika kamu tahu sensasi atau perasaan yang timbul sebelum kamu orgasme , maka kamu bisa memprediksikan kapan kamu akan ejakulasi . Hal ini bisa membantu kamu untuk tidak “keluar” lebih awal. Kamu bisa memperlambat aktivitas seksual kamu, jangan terlalu bersemangat melakukan aktifitas sex. Lakukan aktifitas seksual yang berbeda seperti stop melakukan penetrasi coba lakukan hanya dengan ciuman saja, untuk menunda ejakulasi kamu . Posisi saat berhubungan sex juga menentukan kamu “keluar” cepat atau tidak. Masing masing pria akan berbeda mempunyai  posisi seksual yang disukai dan akan lebih susah lagi mengontrol ini jika pasanganmu mempunyai kontrol yang besar saat berhubungan sex. Pengalaman adalah guru yang terbaik untuk mencari posisi yang mana yang dirasakan tepat bagi kamu dan kamu bisa mengontrolnya juga .

Mengatur pernafasan kamu juga bisa membantu kamu agar tidak “keluar” cepat. Tarik nafas panjang akan membantu kamu untuk relax dan tenang . Kamu akan menjadi lebih relax dan tenang dan akan bisa menunda ejakulasi. Cobalah untuk belajar pernafasan, pernafasan agar tenang dan membuat tubuhmu relax.

Bermain dengan tubuh kamu

Ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan saat melakukan masturbasi untuk membantu menunda terjadinya ejakulasi.

The ‘stop and start’ method: Pada saat kamu melakukan masturbasi sampai pada satu titik dimana kamu merasakan akan ejakulasi. Pada titik ini, stop melakukan masturbasi dan tunggu sekitar 30 detik. Hal ini bisa diulangi prosesnya sampai kamu memutuskan untuk ejakulasi dan keluarkan. Dengan melakukan ini tubuh kamu jadi terbiasa dengan sensasi yang ada, dan kamu bisa membangun waktu lebih lama untuk ejakulasi.

The ‘squeeze’ method: Pada saat kamu masturbasi, ketika kamu akan ejakulasi. Pada saat ini, “peras” atau pencet dengan jari daerah antara kepala penis dan batang penis, untuk beberapa detik tanpa melanjutkan masturbasi. Tahan sekitar 30 detik , dan mulailah lagi untuk masturbasi lagi. Lakukan hal ini sampai kamu ingin ejakulasi. Cara ini baik dilakukan pada saat kamu ingin segera “keluar”  teknik ini juga meningkatkan kekuatan otot yang terlibat saat ejakulasi.  Teknik ini akan memberikan kontrol kamu dan sadar otot apa saja yang terlibat pada saat ejakulasi ,apa yang terjadi pada bagian penis dan Anus kamu.  Jenis latihan yang kamu lakukan juga bisa melatih otot daerah panggul yang dikenal dengan  Kegels ( sesuai nama dokter penemunya ). Kamu bisa melatih otot ini dengan cara menghentikan aliran kencing kamu tiba tiba. Kemudian normalkan kembali aliran kencing mu. Setelah kamu menemukan otot yang tepat kamu bisa melakukan latihan ini kapan saja dan dimana saja tanpa harus kencing.

Diskusikan masalah kamu dengan pasangan kamu

Diskusi dan berbicaralah dengan pasangan sex kamu untuk membantu kamu agar proses aktifitas seksual lebih lama. Bilang ke pasanganmu apabila kamu akan ejakulasi , apa yang akan mempercepat atau memperlambat ejakulasi kamu. Dengan kata yang sederhana untuk menghindari salah pengertian , seperti “stop”, ” tunggu sebentar” , “mulai “dan “lagi ” bisa digunakan . Ejakulasi dini yang disebabkan oleh rasa cemas berlebihan, ketakutan atau tidak nyaman dengan pasangan kamu akan berkurang jika kamu berdua saling kenal terlebih dahulu dan nyaman untuk berbicara, akan lebih gampang untuk berhubungan sex jika kalian berdua saling menyukai . Ejakulasi dini akan menimbulkan kecemasan , takut dan rasa tidak nyaman sebelum memulai berhubungan dengan pasangan kamu .

Kondom

Beberapa orang menggunakan kondom yang tebal untuk mengurangi rasa sensitif pada kulit. Jangan dilapis atau menggunakan kondom lebih dari satu, cari kondom yang memang tebal. Mungkin cara ini bisa membantu .

Jika cara diatas tidak berhasil, kemudian jika kamu sudah mencoba beberapa tips diatas dan tidak juga berhasil , sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kamu.

Artikel yang berhubungan

Back to top button
Close