KESEHATAN SEKSUAL

Dental dams sebaiknya digunakan oleh semua orang – ini alasannya

Dental dam STD. Kemungkinan besar suatu saat kamu akan menggunakannya
Dental dams – merupakan alat yang penting bila kamu melakukan aktifitas safe sex, masih menjadi misteri apa sih sebenarnya dental dams. Pastinya kalian semua pasti tahu kondom kan? Dan tahu kah kamu dental dams sama pentingnya dengan kondom yang harus siap sedia jika kamu butuhkan seperti kondom.

Secara umum orang menganggap oral sex adalah safe sex, tapi benar kamu tidak akan hamil dari oral sex tapi kamu bisa terinfeksi penyakit menular seksual seperti herpes, syphilis, chlamydia, gonorrhoea, HPV atau HIV.
Oral sex yang aman tidak banyak dibahas secara umum sehingga banyak orang tidak tahu tentang dental dams dibandingkan dengan kondom.

APA ITU DAMS?

Dental dam adalah plastik lembut atau latex polyurethane yang berbentuk kotak yang digunakan untuk menutupi area kelamin wanita atau anus selama melakukan oral sex. Dam disini berfungsi sebagai penghalang antara alat kelamin wanita atau anus dengan mulut kamu untuk melindungi kamu yang memberikan oral dari penyakit menular seksual seperti chlamydia, gonorrhoea dan HIV) yang bisa ditularkan melalui oral sex, dental dam ini berfungsi sebagai pembatas antara vulva dan mulut dan anus dan mulut.

SIAPA SAJA YANG PAKE DENTAL DAM?

Dental dams tidak hanya digunakan pada vaginal oral sex tapi juga digunakan pada anal oral sex – atau dikenal dengan rimming.
Singkatnya : semua orang yang melakukan aktifitas oral sex seperti ini harus menggunakan dental dam, seperti juga direkomendasikan pada oral sex penis harus dikondomin penisnya.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA ?

  1. Lihat waktu kadaluwarsa nya.
  2. Basahi bagian vulva atau bagian anal dengan pelicin berbahan dasar air atau silikon agar dam tidak slip terlepas dan memberikan sensasi tambahan bagi penerima.
    *Catatan penting pelicin berbahan dasar minyak sebaiknya tidak digunakan pada dental dam atau kondom karena akan merusak latex kondom, yang berbahan dasar silikon aman digunakan pada latex tapi tidak direkomendasikan pada sex toys.
  3. Letakkan dam diatas vulva dan anus sebelum kamu melakukan oral sex ke vagina atau oral sex ke anal.
  4. Pemberi dan yang menerima bisa menahannya agar tidak lepas.
  5. Jangan dibalik ya dental dam nya, bagian yang kontak dengan mulut tetap kontak dengan mulut ya.
  6. Seperti halnya kondom, dam hanya dipakai sekali saja gunakan yang baru setiap kali.
  7. Ingat jangan menggunakan dam yang digunakan dibagian vagina kemudian digunakan / pindah langsung ke bagian anus atau sebaliknya meskipun orangnya sama.
  8. Jika sudah selesai, bungkus dengan tissue dan buang ditempat sampah, jangan dibuang ke kloset biar tidak tersumbat.

DIMANA SAYA BISA BELI DENTAL DAMS (ATAU KAMU BISA BUAT SENDIRI )

Jujur dental dam belum ada dijual dipasarkan Indonesia, namun kamu bisa menggunakan plastik wrap pembungkus makanan sebagai dental dam atau kamu bisa membuatnya dari kondom. Cara membuat dental dam dari kondom adalah buka gulungan kondom, gunting bagian ujungnya dan bagian ring dari kondom dan gunting mengikuti panjang kondom sehingga bentuknya akan menyerupai kotak.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close