Kandungan dari poppers adalah Amyl nitrite yang digunakan dengan cara dihirup. Berfungsi sebagai vasodilatator, yang artinya berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh. amyl adalah salah satu bentuk dari obat yang mengandung nitrites, bentuk lainnya meliputi isobutyl nitrite dan nitroglycerine.
Amyl nitrite sering digunakan oleh dokter pada kasus medis kelainan jantung dan pada pengobatan kasus keracunan Sianida. Pada awalnya poppers digunakan pada kasus – kasus yang disebutkan tadi tapi sekarang lebih digunakan sebagai obat bantu rekerasi pada saat berhubungn sex ( Recreational drugs )

 Bagaimana cara kerjanya ?

Amyl nitrite tidak berwarna/ jernih , mudah menguap dan merupakan cairan , sangat mudah terbakar. digunakan dengan cara langsung dihirup dari botolnya secara langsung. Efek akan segera dirasakan dalam waktu 30 detik setelah dihirup dan efeknya mungkin bertahan dalam waktu 2 sampai 3 menit.

 Efeknya terhadap tubuh ?

Tidak ada dosis minimal yang aman bagi tubuh, pengunaan ini akan menimbulkan resiko bagi penggunanya dan apabila dicampur dengan pengunaan obat obat lainnya. Efek terhadap individu sangat berbeda tergantung pada

  • Berat badan
  • kondisi kesehatan masing masing individu
  • apakah sering mengunakannnya atau pertama kali menggunakannya
  • apakah di campur dengan pengunaan obat obatan lainnya ?
  • Jumlah dosis yang digunakan

 

Efek jangka pendek

Efek dari poppers dapat dirasakan dengan segera, dan bisa bertahan dalam beberapa menit. termasuk diantaranya :

  • ada aliran darah yang menjalar ke kepala, kepala terasa panas
  • Euphoria , rasa senang yang berlebihan
  • flushing of the face, wajah memerah
  • meningkatkan detak jantung
  • menimbulkan rasa hangat di tubuh
  • feeling of excitement, menimbulkan rasa senang
  • relaxation of involuntary muscles , timbulnya rasa relaks khususnya otot otot sphincter pada daerah anus dan serviks

efek psikologis meliputi meningkatnya sensual awareness atau gairah seksual meningkat ,gangguan penglihatan , lowered inhibitions dan inhibitions dan impaired judgement, menimbulkan gangguan penilaian terhadap resiko , jadi kamu akan tidak memperhatikan penggunaan kondom pada saat berhubungan sex.

Efek Jangka Panjang

Secara umum resiko yang ditimbulkan dari menghirup poppers adalah sangat kecil, tapi bisa menimbulkan resiko medis yang sangat bervariasi dari reaksi alergi yang ringan sampai dapat menimbulkan gejala medis yang bisa mengancam nyawa seperti methaeglobinaemia (kelainan darah yang mnyebabkan gangguan aliran oksigen ke organ tubuh). Penggunaan poppers harus dihindari pada orang yang anemia, hamil dan orang yang mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Efek jangka panjang termasuk :

  • iritasi daerah kulit
  • masalah kulit ternyata pada daerah hidung, mulut , bibir atau wajah
  • meningkatnya tekanan pada bola mata , tidak baik pada orang yang mempunyai riwayat glaucoma

 Amankah bila digunakan ?

selama penggunaan Poppers tidak dicampur dengan penggunaaan obat obatan lainnya adalah aman untuk digunakan . Kamu mempunyai hak penuh untuk menentukan zat apa yang boleh masuk ke dalam tubuhmu, apapun pilihanmu selalu ingat untuk safe dan bertanggung jawab pada diri kamu dan pada orang lain. Ada beberapa tips yang mungkin :

  • set limit your self dan stick to them. tentukan batas kapan kamu merasa cukup dan berhenti sagera dan taati.
  • Jangan mebiarkan orang lain diluar mempengaruhi kamu atau memaksa kamu untuk mengunakan obat obatan terlarang yang tidak kamu inginkan.
  • Jangan mengabung gabungkan obat obatan rekreasi yang kamu gunakan, cari informasi yang banyak dan benar tentang efek obat yang kamu gunakan ke dalam tubuh kamu.
  • selalu aware dan sadar tentang apa obat yang kamu minum dan sudah berapa banyak, tahu berapa maksimal yang bisa kamu handle yang bisa ditoleransi oleh tubuh kamu.

Overdosis

Tercatat beberapa kasus kematian atau cidera serius yang di timbulkan pada saat kamu menghirup poppers tapi jumalah kasusnya sangat sedikit sekali , ini terjadi apabila poppers tersebut tanpa sengaja ditelan bukan dihirup . Inilah yang menyebabkan masalah utama dimana akan menyebabkan terganggunya aliran darah untuk mensuplai oksigen ke organ organ penting lainnya. Apabila dengan sengaja atau tanpa segaja meminum atau tertelan segala macam obat golongan nitrite, adalah sangat berbahaya dan mungkin bisa menyebabkan kematian.

Menyedot cairan poppers tanpa sengaja , bukan menghirup uapnya. ini terjadi pada saat kamu menghirup poppers dalam posisi horisontal , terlentang atau tidur sehingga carian poppers masuk ke hidung yang resikonya sama dengan resiko apabila poppers diminum.

 Interaksi poppers dengan obat lainnya.

Efek yang ditimbulkan apabila mengkombinasikan poppers dengan obat obat lainnya atau dengan obat obatan yang di beli secara bebas atau obat yang didapat melalui resep dokter.

  • Poppers dengan obat obat untuk gangguan Ejakulasi Dini seperti viagra akan mempengaruhi peningkatan aliran darah di dalam tubuh dan mempengaruhi pernafasan menjadi lebih cepat, ini akan meningkatakan atau pemicu stres pada jantung dan pembuluh darah. Ini bisa menyebabkan black out / tidak sadar atau penurunn pembuluh darah yang drastis.
  • Poppers dan Amphetamine atau extasi akan meningkatkan tekanan pada jantung dan meningkatkan stres yang tinggi pada tubuh karena kerja jantung meningkat hebat.

Poppers pada orang dengan HIV

Mari kita jujur, obat obatan untuk “rekreasi” walaupun itu legal atau tidak, tentunya akan berinteraksi dengan obat ARV yang sedang kamu minum pada orang yang “living with HIV”. Tentu akan mengakibatkan perubahan konsentrasi obat ARV didalam darah. Perubahan konsentrasi obat inilah yang bisa mengakibatkan gagalnya pengobatan atau menimbulkan efek racun oleh obat ARV itu sendiri terhadap tubuh.

Jika kamu HIV positif dan sedang dalam pengobatan silahkan konsultasi secara teratur. tahu batasan kamu, tahu untuk kapan bilang “cukup” atau stop . Pastikan kamu paham tentang tubuh kamu, hati hati terhadap efek obat obatan yang kamu gunakan bersama dengan ARV.

 Taking Hormones

Pada kasus poppers pada orang Transgender  baik itu pada waria atau transmen yang sedang menggunakan obat obatan hormonal, sangat penting kamu tahu tentang apa efeknya poppers terhadap tubuh kamu dan terhadap hormon yang sedang kamu gunakan.

Sangat sedikit sekali informasi yang ada dan benar tentang interaksi antara obat hormonal dan obat obatan rekreasi. pastikan selalu berkonsultasi dengan dokter kamu tentang obat obatan yang kamu minum dan rutin melakukan medical check up.

Belum diketahui dengan jelas interaksi antara poppers dan terapi hormonal. Selalu berhati hati dalam menggunakan obat yang berbeda.

 Pengobatan pada kasus kecanduan poppers

Jika poppers menimbulkan efek negatif terhadap tubuh kamu, menganggu hubungan kamu dengan keluarga, teman atau pasangan kamu, tidak mampu lagi untuk fokus dan berkonsentrasi dalam hal kerjaan , atau sekolahmu atau akan menjadi masalah yang besar untuk keuanganmu saatnya kamu untuk mencari bantuan.

 

Back to top button