KESEHATAN SEKSUAL

STOP MINUM PrEP – BAGAIMANA SAYA MEMULAINYA LAGI?

Kembali ke PrEP

Jika kamu selama ini stop minum PrEP kamu dan mau memutuskan untuk menggunakan kembali PrEP kamu. Sebelum kamu memulai PrEP kamu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

KAMU HARUS TES HIV KEMBALI

Jika kamu merasa selama kamu berhenti minum PrEP tidak pernah berhubungan sex sama sekali, dan kamu berasumsi bahwa diri kamu HIV negatif dan memutuskan minum PrEP langsung tanpa melakukan tes HIV terlebih dahulu. Sebenarnya meskipun kamu tidak ada berhubungan sex selama ini, sebelum kamu memulai minum PrEP lagi ada baiknya kamu melakukan tes HIV terlebih dahulu. Pada kenyataannya hal ini sangat direkomendasikan.

PrEP adalah metode pencegahan agar kamu tidak tertular HIV. Jika kamu sudah HIV positif dan kemudian minum PrEP, maka akan membatasi pilihan obat yang akan digunakan saat pengobatan ARV dan itu bukan skenario yang diinginkan oleh dokter.

Memulai PrEP dan memutuskan untuk melanjutkan terapi prep tergantung pada siapa kamu

Untuk laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya

Untuk memulai kembali PrEP:

  • Minum 2 tablet (double dose) sekaligus 2-24 jam sebelum berhubungan sex.

Kamu membutuhkan waktu ini agar obatnya bekerja dan kadar obat dalam tubuh kamu cukup. Yup harus sesuai dengan waktu yang disarankan, hal ini sangat penting sekali. Selanjutnya tergantung dari situasi kamu, untuk dosis selanjutnya dan sampai kapan kamu minum PrEP kamu sama pentingnya.

Daily PrEP

Jika kamu mau perlindungan seterusnya, meskipun dalam waktu 2 – 24 jam itu kamu berhubungan sex atau tidak:

  • Lanjutkan minum 1 tablet setiap 24 jam setelah 2 tablet sebelumnya.

Pikiran kamu akan tenang, karena kamu selalu mendapatkan perlindungan dari PrEP kapanpun sex berlangsung.

Dan apabila kamu pada akhirnya memutuskan, kamu tidak akan berhubungan sex lagi dan kamu memutuskan untuk stop minum PrEP yang kamu lakukan adalah:

  • Setelah hubungan sex terakhir, minum 1 tablet selama 2 hari selanjutnya (dengan tetap menjaga interval 24 jam)

On-demand PrEP

Jika kamu tidak mau minum PrEP setiap hari, ada alternatif yang bisa kamu lakukan yang sama efekstifnya. Yang disebut dengan ‘on-demand PrEP’ / sesuai kebutuhan dan bisa digunakan pada situasi sesuai kebutuhan kamu. Cara ini baik digunakan pada orang yang bisa merencanakan kapan akan berhubungan sex, tidak terlalu sering berhubungan sex atau pada orang yang tidak mau minum obat PrEP setiap hari atau dengan alasan lainnya. Meskipun awalnya kamu pikir kamu akan berhubungan sex tapi pada akhirnya tidak terjadi, bisa saja kamu gunakan metode ini.

Prinsip dasarnya dalam minum PrEP ON demand adalah:

  • Minum 2 tablet (double dose) sebelum 2-24 berhubungan sex, dan setelah berhubungan sex
  • Minum 1 tablet sehari selama 2 hari (dengan jarak minum obat antara keduanya adalah 24 jam).

Katakanlah kamu tidak ada sex atau katakan kencan kamu diundur lebih dari 24 jam kamu cukup melanjutkannya 1 tablet saja dari dosis awal 2 itu 24 jam kemudian sampai kamu jadi berhubungan sex, setelah itu kamu bisa melanjukatan 1 tablet selama 2 hari dengan jarak 24 jam. Apabila sex kamu lanjut terus kamu bisa minum PrEP kamu 1 tablet sehari dengan jarak 24 jam dari obat sebelumnya dan dilanjutkan dengan 1 tablet sehari selama 2 hari sampai sex tang terakhir.Dengan kata lain, dikatakan aman apabila kamu minum Prep sampai 2 hari kemudian setelah berhubungan sex terakhir.

Jadi jadwal minum PrEP kamu akan seperti ini:

  • Minum 2 tablet sekaligus (double dose) 2-24 jam sebelum berhubungan sex, kemudian
  • Minum 1 tablet setiap 24 jam setelah double dose, dan sampai hubungan sex terakhir
  • Minum 1 tablet sehari selama 2 hari (dengan jarak 24 jam antara kedua obat).

Untuk transgender guys yang berhubungan sex dengan laki laki

Untuk memulai atau re start PrEP untuk komunitas trans dan gender diversity lainnya agak berbeda. Untuk saat ini PrEP yang diminum setiap hari merupakan metode satu satunya dan tergantung dari aktifitas seksual yang kamu lakukan, jadwal minum obat kamu akan bervariasi.

Jika kamu hanya melakukan sex anal dengan laki laki lainnya, untuk memulai daily PrEP adalah dengan cara:

  • Minum 2 tablet sekaligus (double dose) 2-24 jam sebelum berhubungan sex, kemudian
  • Minum 1 tablet setiap 24 jam setelah double dose.

Jika kamu melakukan aktifitas seksual semuanya(seperti sex bagian depan juga ) dengan laki laki lainnya, untuk memulai dan seterusnya PrEP dengan cara:

  • Minum 1 tablet selama 7 hari sebelum kamu berhubungan sex, dan
  • Dilanjutkan dengan 1 tablet setiap 24 jam setelahnya.

Dan apabila kamu memutuskan untuk tidak berhubungan sex beberapa waktu dan stop menggunakan PrEP yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Tetap minum obat 1 tablet sehari selama 28 hari setelah berhubungan sex terakhir ( dengan interval 24 jam setiap dosisnya ).

Untuk yang lainnya diluar kriteria diatas

Untuk semua orang selain kriteria diatas, pada cisgender women dan heterosexual men, direkomendasikan untuk menggunakan PrEP setiap hari.

Untuk memulai dan selanjutnya daily PrEP adalah dengan cara:

  • Minum 1 tablet selama 7 hari sebelum berhubungan sex, dan
  • Selanjutnya minum 1 tablet setiap 24 jam setelahnya.

Dan pada akhirnya jika kamu memutuskan untuk tidak berhubungan sex lagi dan stop minum PrEP:

  • Tetap minum 1 tablet sehari sampai dengan 28 hari setelah berhubungan sex terakhir (dengan interval 24 jam setiap dosisnya).

PREPARATION IS KEY

Untuk membuat PrEP bekerja dengan baik, baik diminum setiap hari atau on-demand, harus diminum dengan benar. Jadinarus selalu punya rencana, Setelah kamu minum obat PrEP kamu pastikan kamu melindungi diri kamu dari penyakit menular seksual lainnya.

Pastikan kamu minum PrEP kamu sesuai dengan jadwalnya, pastikan ada reminder lewat HP kamu dan letakkan PrEP selalu dalam jangkauanmu.

Silahkan konsultasi untuk memulai PrEP di Bali Medika

Show More

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button