fbpx
PENGOBATAN HIV

ARV – OBAT HIV

ARV – Obat HIV di seluruh Indonesia gratis untuk orang dengan HIV/AIDS

Kapan mulai ARV?

Memutuskan untuk kapan memulai obat ARV setelah di diagnosa HIV positif, segera minum obat atau menunggu. Sebenarnya patien selalu di tawari untuk sesegera mungkin minum ARV bila sudah ter diagnosa HIV positif. Beberapa patien masih mau menunda dengan alasan kondisi tubuh masih bagus tidak sakit sama sekali kenapa harus minum obat? Itu menjadi alasan pasien.

Kapan sebaiknya minum ARV?

Tentu saran saya sebagai dokter sesegera mungkin setelah kamu di diagnosa HIV tanpa memperhatikan CD4. Semakin cepat minum obat semakin baik. Obat berfungsi untuk membuat kamu tetap sehat, menurunkan jumlah virus HIV dalam darah sampai tidak terdeteksi,mencegah timbulkan penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh (AIDS).

Bagaimana kalo saya tunda minum ARV?

Sebenarnya bisa saja selama kamu memonitor CD4 secara rutin, melakukan pemeriksaan untuk TBC, Hepatitis B dan C apabila ada salah satunya harus segera minum obat. Prinsipnya semakin lama menunda minum ARV semakin banyak kerusakan organ tubuh yang bisa ditimbulkan oleh virus HIV terhadap tubuh kamu.

Tapi saya masih sehat dan baik baik saja, kenapa harus minum obat ?

Menurut saya justru dalam kondisi yang baik dan sehat ini kamu memulai minum obat, bukan menunggu kerusakan organ yang lain oleh virus HIV. Dengan minum obat saat kamu sakit dan muncul gejala AIDS stigma dan diskriminasi dari masyarakat yang kamu dapati nanti akan lebih berat. Beban karena stigma dan diskriminasi itu lebih berat nantinya.

Sampai kapan saya minum obat ARV?

Kamu minum obat ARV seumur hidup agar tetap sehat dan jumlah virus HIV dalam darah tetap terkontrol dan tidak terdeteksi.

Apakah ada efek samping karena minum obat lama?

Tentu ada kamu akan tetap sehat dan tetap berkarya bekerja dan membantu orang tua. Obat ARV terbaru sudah minimal efek sampingnya terhadap tubuh malah tidak ada sama sekali.

Bagaimana kalo saya lupa dan tidak tepat waktu?

Obat ARV terbaru cukup 1 tablet sehari di malam hari sebelum tidur, jadi kemungkinan untuk lupa kecil dan karena sehari sekali lebih gampang. Dan sesuatu yang dilakukan terus menerus tiap hari otomatis akan membuat kamu terbiasa.

Artikel yang berhubungan

Back to top button
Close