Kategori
PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

Meeting with Shigella?

Shigella atau bacillary dysentery adalah infeksi bakteri yang bisa kamu dapati karena kontak dengan kotoran manusia – feses. Kamu bisa tertular karena berhubungan sex dengan orang yang sedang menderita penyakit ini, khususnya pada saat aktifitas sex seperti rimming (merangsang anus pasangan kamu dengan mulut dan lidah kamu), atau fisting (merangsang pasangan kamu dengan memasukan tangan kamu ke dalam anus pasangan kamu), fingering (merangsang anus pasangan kamu dengan jari kamu), berbagi sex toys atau alat bantu secara bersama sama, dengan aktifitas tadi ada kemungkinan ada sedikit kotoran yang tersangkut dan tanpa segaja masuk ke dalam mulut kamu. Kamu bisa juga tertular dari minum air yang terkontaminasi atau makanan yang sudah terkontaminasi.

Belakangan ini Shigella menjadi masalah yang sering ditemukan pada laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya. Penularan Shigella lebih sering terjadi pada laki laki dengan HIV positif dan pada laki laki yang berhubungan sex dengan laki laki lainnya yang HIV status nya sama. Kamu hanya perlu bakteri dalam jumlah sangat kecil sekali masuk ke dalam mulut kamu, sebelum kamu menderita disentri.

BAGAIMANA KITA MENCEGAHNYA ?

  • yang terpenting adalah cuci tangan kamu secara teratur , khususnya setelah selesai dari toilet dan selama berhubungan sex atau sesudah berhubungan sex.
  • Untuk menghindari tertular dari Shigella, pada saat Fisting gunakan sarung tangan, gunakan kondom saat penetrasi atau berbagi alat bantu sex dan cuci tangan setelah berhubungan sex atau mandi setelah berhubungan sex.
  • JIka kamu melakukan bareback sex (berhubungan sex tanpa kondom ) , hindari menghisap penis seseorang yang baru saja dimasukan ke anus kamu atau anus orang lain.
  • Jika kamu didiagnosa oleh dokter dengan Shigella atau disentri hindari berhubungan sex sampai kamu dinyatakan sembuh oleh dokter.

BAGAIMANA KITA TAHU KALO TERINFEKSI ?
Kamu akan timbul gejala diare dengan panas badan, perut keram dan mules mules, nyeri di daerah rectal, biasanya timbul 12 sampai 96 jam setelah terinfeksi shigella. Pada kasus yang parah akan disertai oleh diare disertai dengan darah.

Jika kamu ada timbul diare setelah melakukan hubungan sex silahkan kontak dokter kami di www.balimedika.com atau +62 361 3700393.