TES HIV

STAND UP AND BE COUNTED

Ayo teman berdiri dan ikut serta mengakhiri HIV. Sampai sekarang HIV masih menjadi masalah yang serius, setiap tahun kasus baru meningkat terus. Tapi ada yang bisa kita lakukan bersama ,”Counted  Me”, ikut serta bersama kami Bali Medika menyetop penyebaran virus HIV dan  Virus HIV bersama sama ada 5 hal yang bisa kita lakukan.

  1. Saya tau status HIV saya. Satu dari tiga orang laki laki berhubungan sex dengan laki laki lainnya adalah positif HIV dan tanpa disadari. Biasanya akan diketahui setelah mereka menjadi jatuh sakit dan cukup parah. Sebenarnya hal ini bisa dicegah jika kamu ketahui status HIV kamu sedini mungkin. Jika kamu tidak mengetahui status HIV kamu dan tetap melakukan hubungan sex dengan tidak menggunakan kondom, maka secara tidak sadar kamu sudah ikut menyebar virus HIV ke orang lain. Bagaimanapun juga jika kamu yakin bahwa status HIV kamu adalah negatif maka kamu akan lebih termotivasi untuk menjaga diri kamu sendiri agar tidak tertular HIV. Hanya ada satu cara untuk mengetahui status HIV kamu yaitu dengan cara melakukan tes HIV secara teratur. Tes terbaru yang ada akan memberikan hasil hanya dalam waktu beberapa menit saja. Silahkan datang ke Bali Medika untuk melakukan tes HIV dengan cara fingerprick, dengan hanya satu tetes darah saja kamu bisa mengetahui status HIV kamu. Tes HIV ini cepat , akurat , confidential dan bisa diketahui dalam waktu kurang dari 20 menit.
  2. Saya tidak akan pernah berasumsi tentang status HIV seseorang. Seseorang  merasa dirinya bisa mengetahui seseorang menderita HIV atau tidak, hanya saja dengan cara melihat secara fisiknya dari luar, dari usianya, dimana tempat mereka bertemu atau seseorang tampak “sakit” atau “sehat”. Tapi kenyataaannya kamu tidak bisa melihat seseorang mengidap HIV hanya dengan melihat fisiknya saja. Mengambil resiko untuk berhubungan sex dengan orang lain dengan tidak menggunakan kondom hanya berdasarkan fisik seseorang adalah kesalahan besar dan akan menyebabkan terjadinya penyebaran HIV dan kamu terinfeksi HIV.
  3. Saya Akan mengambil tanggungjawab secara pribadi untuk selalu menggunakan kondom pada saat berhubungan sex. “sepertinya dia tidak terlalu peduli untuk menggunakan kondom, sepertinya dia pasti bersih“. Pernahkah kamu berpikir seperti itu saat berhubungan sex dengan seseorang? Beberapa dari kita pasti melakukan hubungan sex tanpa memnggunakan kondom karena membiarkan orang lain memulainya tanpa menggunakan kondom tanpa menghentikannya , kita akan terlalu malu untuk menegurnya atau menyetopnya. Jika kamu mau menghentikan penyebaran HIV kita masing masing mempunyai tanggung jawab sendiri untuk menjaga diri kamu sendiri dan untuk selalu menggunakan kondom saat berhubungan sexual.
  4. Saya akan selalu mencari informasi yang benar tentang HIV dan bagaimana cara penularannya, Hampir semua dari kita merasa yakin bahwa kita tahu tentang HIV dan bagaimana cara penyebarannya. Tapi masih banyak informasi yang salah , mitos mitos tentang HIV yang ada di masyarakat yang salah, mungkin kamu mengambil resiko tanpa tahu bahwa tindakan yang kamu buat bisa membuat kamu tertular HIV. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang benar , dan ingat tidak semua informasi yang ada di internet adalah benar. pastikan kamu mendapatkan informasi dari sumber yang terpecaya.
  5. Saya akan selalu menjaga diri saya sendiri dan kesehatan saya. Merasa selalu percaya diri terhadap diri kamu sendiri, selalu menjaga kesehatan kamu dan memilih untuk selalu menggunakan kondom setiap berhubungan sex. Jika kamu merasa depresi, ada kemungkinan kamu akan selalu mengambil resiko pada saat dibandingkan kamu dalam kondisi baik dan sehat. jadi kalo kamu merasa dalam keadaan “down”, segera hubungi teman dekat kamu, mulai aktifitas olah raga atau ikut serta dalam perkumpulan sosial.

 

Artikel yang berhubungan

Back to top button